Minggu, 21 Juli 2013

Rumah Adat Bali Tahan Gempa

Posted by Unknown On 01.12
Banyaknya musibah bencana alam di indonesia membuat para inovator muda bekerja keras menemukan solusi rumah huni tahan gempa. Sebenarnya di Indonesia sendiri masih ada 4 lagi rumah adat tradisional yang terbukti tahan bencana gempa alam. Empat rumah adat tersebut antara lain : Rumah Gadang dari Minangkabau, Rumah Laheik dari Nias, Rumah  adat Woloan dari Sulawesi Utara, dan Rumah adat Omo Hada Juga dari Nias.

Rumah Adat Bali Tahan Gempa

Rumah Adat Bali Tahan Gempa
Kami mengutip artikel dari bali post tentang rumah adat bali tahan gempa
Rumah tradisional yang dimiliki beberapa daerah di Indonesia seperti Bali menunjukkan jika desain, konstruksi dan bahan bangunan tradisional di Indonesia tahan terhadap gempa,” kata Staf Ahli Menteri PU Bidang Sosial Budaya dan Peran Serta Masyarakat, Graita Sutadi, di Nusa Dua, Sabtu (12/11) kemarin.
Menurut keterangan dari kementrian PU, mereka sedang berupaya mengembangkan rumah adat yang tahan gempa namun layak untuk dibangun massal. Kami juga mengutip pernyataan kepala BPTPT tentang perkembangan rumah adat tahan gempa.
Kepala Balai Pengembangan Teknologi Perumahan Tradisional (BPTPT) Denpasar Iwan Suprijanto mengatakan, ada sekitar 300 tipe rumah tradisional di Indonesia yang sudah diteliti. Hasil penelitian menunjukkan, jika ratusan tipe rumah tradisional tersebut terbukti tahan gempa sekaligus bernuansa budaya tradisional dan kearifan lokal setempat.
Kembali kebahasan tentang Rumah adat bali tahan gempa, gambar diatas adalah rumah tradisional bali yang dirancang oleh Komang Tri Danayasa dari BaleBali. Dalam membuat rumah adat diatas dia mengaku hanya menggunakan bahan-bahan alami tanpa campuran zat kimia apapun.

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

  • Unordered List

  • Contact us